Selasa, 20 Desember 2011

Hujan

Hujan yang dikutuk banyak orang, hujan yang dicintai banyak orang, hujan tetesan air dari langit. Hujan itu sebuah fenomena alam yang memang wajar terjadinya, penguapan, dan kemudian jadilah titik hujan. Beberapa hari ini saya sering berada di bawah hujan, benci kah saya pada hujan? Tidak. Saya tetap mengganggap hujan itu berkah, mungkin memang bukan buat saya pada saat saya berada di bawahnya, tapi bagi orang lain mungkin iya. Bagi pak tani yang mengharapkan sawahnya dialiri air hujan, bagi para ojek payung, bagi para penjual jas hujan, dan mungkin para penjual wedang ronde. :)

Mungkin ada saatnya saya juga merasa bahwa hujan itu bencana buat saya, saat saya mau pergi dan terhalang hujan. Tapi saat hujan banyak orang bahagia, dan walaupun agak cheesy tapi memang setelah hujan lalu muncul pelangi. 

Orang cina pun beranggapan bahwa hujan di hari imlek membawa rezeki. Dan entahlah setelah hujan, sambil menyesap coklat panas kesukaan saya, dengan perasaan mellow, saya melihat pelangi di pikiran saya. Bahwa hujan itu akan berakhir, dan setiap selesai hujan pasti banyak hal indah yang terjadi, selain pelangi. Panen, dan coba perhatiin sekitar, saat musim hujan sekitar kita terasa lebih hijau. 

Dan walaupun saat saya berada di bawah hujan, saya tetap bersyukur akan datangnya hujan. Bersyukur saya bisa merasakan kehujanan, bersyukur bahwa saat setelah hujan akan ada orang lain yang tersenyum bahagia. Bahkan saat hujan adalah waktu dimana tanpa sadar kita sering sangat bersyukur 'Untung aja udah di rumah.' :)


Tidak ada komentar: