Selasa, 17 Januari 2012

Tergelitik: Galau Nite

Berhubung masih terbawa penelitian tentang Metro TV, jadi sering nonton Metro TV, sebenernya acaranya emang bagus sih, dan saya juga lumayan jadi loyal audiencenya Metro TV, walaupun yah ada kepentingan penelitian. Nah, kemaren awal tahun lah, sering banget liat promo program judulnya Galau Nite, well baiklah mungkin ini salah satu strategi Metro TV untuk meng-grab audience muda. Setelah rebranding memang salah satu strateginya adalah memperluas segmentasi, yang semula target audience Metro TV adalah mereka yang berusia 20+, tapi setelah rebranding segmentasi Metro TV diperluas menjadi 17+.

Sabtu, jam setengah sebelas akhirnya saya mantengin Metro TV, openingnya memang anak muda sekali, bintang tamunya juga anak muda sekali. Ekspektasi saya sih tinggi banget ke program ini, ternyata oh ternyata, untuk program di TV sekelas Metro TV, jelas program ini gak masuk banget. Dari segmentasi, mungkin umur iya tapi sama sekali gak mencerdaskan. Rasanya waktu liat program ini dejavu sama acara stasiun TV sebelah ya, yang notabene begitu-begitu aja dan yah gak ada isinya. 

Episode pertama program ini judulnya 'Galaupedia' bintang tamunya yang saya kenal sih cuma Raditya Dika, Hostnya siapa ya, lupa. Yang pasti waktu nonton galau nite, rasanya pengen bakar skripsi saya *aawwrrr*.
Tapi IMHO ya, klo memang Metro TV mau mempertahankan program ini harus melakukan improvement dimana-mana, terutama soal konten. Buat saya gak masalah sih klo mau bahas topik yang 'kekinian' semacam galau, atau apalah, tapi dikemas sedemikian rupa biar jadi menarik dan cukup 'berisi' bukan hanya sekedar fun dan ngalor ngidul gak jelas. Lucu, boleh. Menghibur, juga boleh. Tapi mungkin harus tetap di track yang ada, dengan mengusung 'Knowledge to Elevate.' 

Program yang menarik bukan cuma melulu soal rating, dan juga bukan cuma karena topik yang dibahas sedang jadi trading topic, program-program seperti itu hanya akan bertahan seumur jagung. Coba liat Kick Andy, Just Alvin, sudah bertahun-tahun masih bertahan, dan semakin menarik untuk ditonton. Metro TV boleh lah 'penggalauan masal' tapi konten programnya juga jangan ikutan galau donk. 

*ini cuma opini lho*


3 komentar:

Nanda Bagus mengatakan...

ah gw udah lama pengen nyinyirin ni acara
itu yang dateng kemarin standup comedian, ya jelas gak begitu terkenal. Sumpah, beneran gak ngerti visi misi metro nampilin acara ini. Dan galau? come on, itu udah ketinggalan!

zulfa aulia mengatakan...

galau itu cerita 2011, cerita 2012 apa ya???
sayang banget gw kemaren nggak sempet nonton gara2 asik nonton real steel

Laras Shinta mengatakan...

@nanda eh sumpah tuh selain pengen bakar skripsi juga pengen bakar tivi..

@zulfa so please dont!!!rasanya nyesel bgd gw juga nontonnya